Sabtu, 06 Agustus 2011

Kiat Menghindari Penyakit Jantung Koroner

Perbesar gambar dengan meng-klik !

Unsur-unsur Pemicu:

- Gula dan Karbohidrat,
- Lemak dan Kolesterol Jahat (LDL),
- Rokok dan Minuman Alkohol,
- Stress,
- Hypertensi,
- Kegemukan (Obesitas),
- Kurang / Tidak Olahraga,
- Polusi dan Radikal bebas,
- Genetika (keturunan).

Gula dan Karbohidrat
Karbohidrat terutama yang berasal dari beras putih dan produk turunannya, didalam lambung akan diproses menjadi gula dan lemak.

Sebagai pengganti lebih baik mengkonsumsi Oat atau gandum dan beras merah yang dapat memperkecil terbentuknya gula dan lemak.
Hindari,,, minimal Kurangi konsumsi makanan dan minuman mengandung gula cukup tinggi seperti kue-kue yang terlalu manis dan berbagai soft drink.       

Lemak dan Kolesterol Jahat (LDL) didalam darah

Makanan kaya lemak dan kolesterol jahat (LDL) seperti Gorengan, Seafood, Jeroan serta Daging berlemak akan membahayakan kesehatan jantung.
Lemak dan kolesterol jahat yang berlebih bisa mengendap dan menggumpal didalam saluran darah, penyebab terjadinya penyumbatan aliran darah.
Sebaiknya dalam mengolah makanan dilakukan dengan cara merebus, mengukus atau memanggang. Bila harus mengolah dengan cara digoreng, gunakan minyak Zaitun karena minyak ini cukup rendah kandungan lemaknya.
Usahakan agar selalu mengkonsumsi makanan yang rendah kadar lemak dan kolesterol jahat. Dalam memilih produk-produk berlemak seperi susu, mentega, keju, serta makanan berlemak lainnya, pilih yang rendah kadar lemaknya.                         

Rokok dan Minuman Ber-alkohol

Seorang yang tidak Merokok, tidak minum Alkohol, bisa dipastikan bahwa kesehatan jantungnya jauh lebih baik dari pecandu rokok dan alkohol. Asap rokok serta alkohol menimbulkan radikal bebas yang akan merusak kesehatan jantung, efek buruk dari asap rokok juga terjadi pada setiap orang disekitarnya yang biasa disebut sebagai Perokok Pasif.
Segeralah menghentikan kebiasaan buruk ini kalau memang menginginkan agar: diri sendiri, anggota keluarga, teman dan orang-orang disekitar bisa hidup nyaman memiliki jantung yang sehat dan kuat. 

Stres

Cukup sulit untuk menghindari Stress jika kita hidup di kota besar seperti Jakarta atau kota-kota besar lainnya yang selalu macet dan bising.
Disaat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan memproduksi hormon cortisol yang dapat menyebabkan kaku pada pembuluh darah. Selain itu tubuh juga menghasilkan Hormon norepinephrine yang mengakibatkan naiknya tekanan darah.
Cara mudah untuk menghindari stress adalah dengan selalu bersabar dimanapun kita berada. Memang sulit, tapi kalau terus melatih diri, nantinya akan mudah untuk bisa tetap bersabar. Jadi,,, teruslah berusaha untuk tidak stres.                

Hypertensi / Tekanan Darah Tinggi
Hypertensi juga dapat menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung.
Hypertensi bisa menyebabkan terjadinya luka pada dinding arteri. Perlukaan ini sangat memungkinkan bagi masuknya kolesterol jahat (LDL) sehingga terjadi penumpukan plak pada dinding arteri yang akan mempersempit saluran darah. Akibatnya aliran darah akan terhambat.              

Kegemukan / Obesitas
Penyebab utama terjadinya kegemukan adalah terlalu banyak makan, apalagi kalau makanan itu mengandung gula, karbohidrat serta lemak cukup tinggi. Disamping itu juga malas atau bahkan tidak pernah olahraga. Tubuh yang gemuk membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah.
Seseorang dengan lingkar pinggang diatas 85 cm, memiliki risiko lebih tinggi bisa menderita penyakit jantung koroner. Jadi,,, sebelum timbul kegemukan, jangan makan berlebihan dan mulailah rajin melakukan olah raga.

Kurang / Tidak Olahraga
Kalaupun sudah terlanjur gemuk, harus semakin rajin ber-olahraga.
Dengan "Jalan Cepat" selama 30 menit setiap hari, sudah sangat memadai untuk menurunkan kelebihan berat dan mencegah kegemukan. Selain itu Jalan Cepat juga akan membuat jantung menjadi lebih kuat dalam menjalankan tugas yang tanpa henti selama kita hidup.

Polusi dan Radikal Bebas

Polusi udara, tanah dan air yang sudah sangat parah karena asap rokok, asap knalpot, bahan-bahan kimia beracun untuk pertanian, radiasi medan elektromagnetis dari semua alat elektronik akan menimbulkan radikal bebas di udara yang kita hirup setiap saat. Selanjutnya menumpuk didalam tubuh, memperbesar kemungkinan semakin banyak orang yang bisa menderita penyakit jantung kalau tidak mau melakukan pencegahan untuk diri sendiri dan keluarga masing-masing.
Radikal bebas bisa menyebabkan terjadinya radang serta pengendapan didalam pembuluh darah yang akan menyumbat aliran darah.
Untuk memembersihkan tumpukan radikal bebas di dalam tubuh, dibutuhkan zat antioksidan yang berfungsi menyerap, menetralisir kemudian membuangnya.
Zat Antioksidan bisa didapatkan dari banyak sumber, antara lain dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran segar.    

Faktor Keturunan
Seorang yang pernah mengalami serangan jantung dibawah usia 60 tahun, memungkinkan bagi kerabat dekatnya dapat mengalami hal yang sama, sebaiknyalah lebih waspada. PASTIKAN agar pola makan dan gaya hidup Anda cukup menunjang untuk bisa mempunyai jantung yang sehat dan kuat.  

==============

Artikel ini disusun berdasarkan beberapa bahan bacaan tentang kesehatan, bukan merupakan Acuan atau Pedoman Resmi. Dimaksudkan hanyalah sebagai tips dalam upaya menghindari kemungkinan terjadinya penyakit yang tidak diinginkan.
Bila ada keluhan penyakit apapun, anda tetap harus berhubungan dengan Dokter yang berwenang.


Mencegah Penyakit Jauh Lebih Baik dari pada Menyembuhkan

Semoga bermanfaat.

Salam hangat.
Sehat Pangkal kaya.





Share



3 komentar:

  1. saya awam soal farmasi tapi saya setuju dengan artikel blog ini, pengobatan dengan cara apapun akan sia-sia jika tidak disertai dengan pola hidup dan pola makan yang benar.

    BalasHapus
  2. Hello pinnisweet, terima kasih banyak untuk comment terbaik dari anda.

    BalasHapus
  3. oh ya terimakasih banget infonya dan juga artikelnya bagus mudah dipahami Obat Herbal Asam Urat

    BalasHapus

Setiap Komentar Anda Sangat Dihargai.



Pembuktian Efek Seketika
Sebagian Manfaat Bio FIR dari

Kalung Kesehatan BioN FIR Luxor.
BioN Necklace Luxor.



- Kalung Tersedia DISINI -

021-70437085

Download Free


bisnis online

Sponsors

Just Click Here you got Free Backlink



Free Backlink Exchange For Seo http://Link-exchange.comxa.com kostenlose backlinks
Free Automatic Link Cárdenas.net ac-elektrik Test your Internet connection speed at Speedtest.net Free Backlinks
IKLAN 100% GRATIS

myfreecopyright.com registered & protected <> <>ping.sg - the community meta blog for singapore bloggers